Kamis, 21 Maret 2013

Lingkungan Organisasi dan Manager

Suatu elemen kunci dari manajemen yang efektif dalam suatu organisasi adalah menentukan kecocokan yang ideal anatara lingkungan dan organisasi tersebut dan kemudian bekerja untuk mencapai dan mempertahankan kecocokan tersebut.
Secara garis besar lingkungan organisasi dilihat dari sumber pengaruhnya ada dua yaitu komponen;
-Lingkungan Ekternal :
*Pengaruh tidak langsung (umum)
* Pengaruh langsung (tugas)
-Lingkungan Internal.
Lingkungan Eksternal
Segala sesuatu yang berada diluar batasan organisasi yang mungkin mempengaruhinya.
Lingkungan Internal
Kondisi dan kekuatan yang berada di dalam suatu organisasi.
IMPLIKASI MANAJEMEN
Manajer sudah seharusnya sadar akan lingkungan tempat mereka dan organisasinya berkiprah. Bahkan mempertahankan keselarasan (alignment) yang efektif antara organisasi dan lingkungan adalah kunci dari pekerjaan manajer. Dan manajer sendiri juga harus memahami lingkungan dimana mereka, sebagai individu dan sebagai anggota dari kelompok, melaksanakan tanggung jawab mereka
A. Lingkungan Eksternal
Lingkungan tidak langsung (umum)
Serangkaian dimensi dan kekuatan yang luas yang berada disekitar organisasi yang menciptakan keseluruhan konteks organisasi, yaitu:
1.Kekuatan ekonomi
Kesehatan dan vitalitas keseluruhan dari sistem ekonomi dimana organisasi beroperasi.
“Kondisi perekonomian umum mempengaruhi jabatan atau tugas-tugas seorang manajer dan dengan demikian menimbulkan kendala terhadap anggaran”
2. Kekuatan Sosial dan Budaya
Kebiasaan, adat, nilai, dan karakteristik demografi dari masyarakat dimana organisasi berfungsi.
“Perubahan dalam nilai-nilai dan jumlah penduduk akan memberikan pengaruh yang penting terhadap praktek manajemen”.
3. Kekuatan Politik dan Hukum
Peraturan pemerintah mengenai bisnis dan hubungan umum antara bisnis dan pemerintah.
“Partai politik yang sedang berkuasa dan menguasai parlemen dapat membawa dampak terhadap organisasi, karena hal itu dapat mendorong atau mematahkan kegiatan bisnis”
4. Kekuatan Teknologi
Metode-metode yang tersedia untuk mengubah sumber-sumber daya menjadi produk atau jasa
“Perubahan teknologi akan menempatkan para manajer dalam posisi untuk memodifikasi prosedur kerja dalam rangka penyesuaian dengan teknologi”
5. Kekuatan Internasional
Sejauh mana suatu organisasi terlibat atau terpengaruh oleh bisnis di negara lain.
“Internasionalisasi bisnis akan menciptakan tantangan-tantangan terutama dalam menghadapi persaingan langsung dengan pesaing-pesaing luar negeri”
Lingkungan Langsung (Tugas)
Organisasi atau kelompok eksternal tertentu yang mempengaruhi suatu organisasi.
“Berbagai kekuatan yang langsung sifatnya akan berusaha memberikan dampak yang lebih spesifik terhadap organisasi”
1.Pelanggan
Siapa pun yang membayar uang untuk memperoleh suatu produk atau jasa dari organisasi
“Perubahan dalam preferensi pelanggan atau klien akan memberikan tekanan langsung terhadap perusahaan dalam memuaskan preferensi tsb”.
2. Pemasok
Suatu organisasi yang menyediakan sumber daya untuk organisasi lain
“Perusahaan harus menyesuaikan diri terhadap persyaratan dan pembatasan –pembatasan dari perusahaan sebagai pemasok”.
3. Pesaing (Kompetitor)
Sebuah organisasi yang bersaing dengan organisasi lain untuk memperebutkan sumberdaya.
“Baik organisasi yang berorientasi pada laba maupun nirlaba, tidak bisa tidak tentu akan bereaksi terhadap persaingan”.
4. Badan Pemerintah
(Pembuat Aturan)
Suatu unit yang berpotensi mengendalikan, mengatur atau mempengaruhi kebijakan atau praktek dari suatu organisasi.
“Badan-badan pemerintah mempunyai pengaruh yang sangat luas terhadap penyelenggaraan bisnis, misalnya kapan suatu produk memang aman dan tidak berbahaya untuk ditawarkan kepada masyarakat”
5. Pasar Tenaga Kerja
Penawaran tenaga kerja yang tersedia untuk menyusun angkatan kerja suatu perusahaan tentu akan mempengaruhi operasi perusahaan tersebut, misalnya dalam rangka mencari jumlah pekerja yang terlatih
B. Lingkungan Internal
1.Pemilik (owners)
Seseorang yang memiliki hak milik hukum atas suatu bisnis
2. Karyawan (employees)
3. Dewan Direksi (board of directors)
Badan pengatur yang dipilih oleh para pemegang saham dan bertanggung jawab untuk mengawasi manajemen perusahaan secara umum, untuk memastikan bahwa perusahaan telah dijalankan dengan cara yang paling memuaskan kepentingan para pemegang saham.
4. Lingkungan Kerja Fisik
Bagian terakhir dari lingkungan internal adalah lingkungan fisik aktual dari organisasi dan pekerjaan yang dilakukan orang
C. Tanggung Jawab Sosial
Yang dimaksud dengan tanggungjawab sosial adalah apa yang dilakukan sebuah organisasi untuk mempengaruhi masyarakat dimana ia berada, seperti melalui program bantuan sukarela.
D. Kinerja Sosial Keorganisasian
Kinerja sosial keorganisasian menggambarkan sejauhmana suatu organisasi menanggapi tuntutan berbagai pihak yang berkepentingan agar berperilaku sesuai dengan tanggung jawab sosialnya.
E. Internasionalisasi Bisnis & Manajemen
Pengaruh lingkungan yang meningkat dan penting akhir-akhir ini yang berkaitan dengan jabatan atau tugas-tugas manajer adalah Internasionalisasi bisnis dan manajemen.
Berhubung bisnis akan lebih mengglobal, maka seorang manajer harus menyesuaikan diri terhadap berbagai tantangan dan bekerja dengan organisasi dan orang-orang dari negara lain.
Ada beberapa jenis bisnis internasional yang dapat dilakukan, antara lain :
1.Licencing (lisensi)
Penjualan hak ke pasar produk bermerk atau menggunakan proses yang dipatenkan yang dilindungi oleh undang-undang hak cipta.
2. Exporting (mengekspor)
Menjual barang yang diproduksi secara domestik dipasar luar negeri.
3. Franchise :
Suatu tipe pengaturan lisensi, dimana perusahaan menjual paket yang terdiri dari merk dagang, mesin material dan pedoman manajerial
4. Joint Venture (Usaha Patungan)
Bentuk bisnis yang merupakan gabungan perusahaan asing dan perusahaan domestik mereka berpatungan menanggung biaya pembangunan fasilitas produksi atau penelitian di negara asing

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar